Sabtu, 26 November 2011

Sebuah mesin sepeda motor adalah sebuah mesin yang kekuatan sebuah sepeda motor .
Mesin sepeda motor mungkin dua-stroke atau empat-stroke , reciprocating atau Wankel , satu-silinder atau multicylinder (jika reciprocating), atau single-rotor atau rotor kembar (jika Wankel). Mesin biasanya drive roda belakang, tetapi beberapa sepeda kecil seperti Velosolex memiliki drive gesekan untuk roda depan. Kebanyakan mesin gearbox antara dua dan enam rasio, dan Honda Wing Emas tur sepeda motor memiliki gigi mundur. Power dikirim ke roda didorong oleh sabuk, rantai atau batang. Di Eropa, sampai tahun 1970 Honda CB750 , mesin kapasitas biasanya berkisar dari sekitar 50 cc ke 750 cc, tetapi sejak saat itu mesin dengan kapasitas sampai 2.300 sentimeter kubik (140 cu in) Triumph Rocket 3 telah menjadi umum. Di Amerika Serikat, sepeda motor dengan kapasitas besar telah umum untuk lebih lama lagi.
Bahkan saat ini, sepeda motor sebagian besar masih menanggung sebagian kemiripan dengan awal sepeda bermotor , sehingga mesin ini biasanya ditemukan di mana-roda engkol akan di pedal sepeda. Namun, beberapa contoh-contoh awal seperti 1921 Megola dan 1935 Killinger dan Freund memiliki mesin dalam roda didorong, dan Velosolex memiliki mesin di depan setang, tepat di atas roda depan.

Sejarah

Konsep mesin sepeda motor Terlama 1818 ini karikatur. Diperkirakan selama bertahun-tahun untuk sepenuhnya aneh, sampai Michaux-Perreaux , Roper dan siklus uap lainnya diselamatkan dari ketidakjelasan, dan cerita-cerita dari eksperimen awal siklus uap ditemukan kembali. Tidak ada sepeda motor uap pada tahun 1818, namun akan segera ada.
Sepeda motor pertama didukung oleh mesin uap . Contoh paling awal adalah Perancis Michaux-Perreaux uap sepeda beroda tiga tahun 1868. Ini diikuti oleh American sepeda beroda tiga uap Roper tahun 1869, dan sejumlah uap lainnya yang didukung dua dan tiga roda, diproduksi dan dijual kepada publik pada melalui awal abad 20. [1]
Menggunakan frame berdasarkan baik pada awal boneshaker dan kemudian-dan dalam banyak cara benar-benar modern- keselamatan sepeda desain, motor uap awal bereksperimen dengan berbagai strategi penempatan mesin, serta transmisi dan pilihan. Sementara saat ini hampir setiap sepeda motor mesin di tengah frame, ini menjadi standar hanya sekitar 1900-1910 [ verifikasi diperlukan ] setelah hampir setiap lokasi mesin mungkin adalah mencoba. Susunan skuter modern yang mesin tiba pada tahun 1940 [ verifikasi diperlukan ] dan tetap sama hari ini. [1]
Para siklus Otto mesin bensin pembakaran internal pertama kali digunakan pada percobaan roda dua dibuat oleh Gottlieb Daimler untuk menguji kepraktisan seperti mesin di dalam kendaraan. Ini sepeda motor, Reitwagen Daimler , dikreditkan sebagai sepeda motor pertama di dunia oleh otoritas banyak, sebagian pada asumsi bahwa sepeda motor didefinisikan bukan sebagai setiap kendaraan bermotor roda dua, tapi roda dua pembakaran mesin kendaraan bermotor internal. [1] Para Oxford Dictionary Inggris , misalnya, mendefinisikan kata sepeda motor dengan cara ini. [2] [3] Para siklus uap juga hanya diabaikan dan dilupakan oleh banyak sejarawan, bahkan sebagai Michaux-Perreaux menunggu empat puluh tahun [ verifikasi diperlukan ] pada tampilan di dengan Museum Motor Nasional, Beaulieu [. verifikasi diperlukan ] [4]
Dalam beberapa tahun terakhir, lonjakan minat dalam energi bersih telah menempatkan banyak baru bertenaga listrik kendaraan roda dua di pasar, dan mereka terdaftar sebagai sepeda motor atau skuter, tanpa jenis powerplant menjadi masalah. Sepeda motor diesel juga telah bereksperimen dengan singkat sepanjang abad ke-20, dan lagi topik yang menarik karena ekonomi bahan bakar dan kebutuhan logistik militer. USMC telah memerintahkan sepeda motor diesel baru, M1 M1030, yang dapat menggunakan bahan bakar yang sama, JP-8 , sebagai sisa dari kendaraan lapis baja mereka, pesawat, mobil dan truk. [5]
Mayoritas sepeda motor yang diproduksi dan digunakan di dunia saat ini memiliki perpindahan kecil berpendingin udara mesin silinder tunggal, baik dua-dan empat-stroke. [ kutipan diperlukan ] Pada bagian kaya di dunia, Eropa dan Jepang, pemindahan yang lebih besar dan beberapa silinder yang umum bersama kecil-perpindahan sepeda diperlukan oleh berbagai perizinan dan persyaratan pengendara pengalaman, dan sehingga rentang yang sangat beragam ukuran, nomor silinder, konfigurasi, dan sistem pendingin terlihat di jalan. Banyak negara maju telah lulus lisensi, di mana pengendara adalah lisensi untuk periode waktu untuk naik hanya lebih kecil-perpindahan sepeda motor sebelum diizinkan untuk naik yang lebih besar. Di Amerika Serikat, tidak ada mandat seperti itu, dan sehingga campuran miring bahkan lebih dengan pemindahan terbesar, permintaan konsumen drive produsen untuk menawarkan sepeda motor terbesar mereka ke negara itu, dan untuk ekspor sub-600 jauh lebih sedikit cc (37 cu in ) model untuk pasar Amerika. [ rujukan? ]

Jenis

Hampir semua sepeda motor produksi telah bensin (Inggris bensin) mesin pembakaran internal . Kedua empat-stroke dan dua-stroke engine yang digunakan, tetapi undang-undang emisi yang ketat telah menyebabkan jauh lebih sedikit dua-stroke. Beberapa telah menggunakan mesin rotary Wankel , tetapi tidak ada sepeda Wankel sedang dalam produksi. Sepeda motor kecil berpendingin udara, tapi minyak pendingin atau pendingin air lebih biasa dengan mesin yang lebih besar. Beberapa baterai menggunakan skuter dan motor listrik . (The 2009 TT ras memperkenalkan kategori baru 'TTX' untuk sepeda listrik menggunakan bahan bakar sel atau baterai).
Kebanyakan mesin sepeda motor yang dipasang melintang , dengan crankshaft di frame, tetapi yang lain memiliki poros engkol membujur , sepanjang frame. Mesin melintang biasanya memiliki rantai atau sabuk akhir-drive, sementara pemasangan membujur lebih cocok untuk poros akhir-drive.
Motor skuter memiliki mesin sebagai bagian dari suspensi belakang, sehingga mesin tidak tetap kaku ke rangka utama. Sebaliknya, perakitan mesin-transmisi-swingarm gabungan berputar mengikuti permukaan jalan dan merupakan bagian dari " berat badan unsprung ". Rantai akhir-drive skuter berjalan dalam penangas minyak dalam casing mesin. "Langkah-through" sepeda motor mungkin memiliki mesin kaku tetap, atau mungkin memiliki pengaturan jenis skuter.

Dua-stroke dan empat-stroke

Dua-stroke engine memiliki bagian yang bergerak lebih sedikit dari empat-stroke engine, dan menghasilkan dua kali jumlah stroke kekuasaan; akibatnya, dua-stroke engine yang lebih kuat untuk massa mereka. Dua-stroke menawarkan akselerasi lebih kuat, namun kecepatan yang sama dibandingkan dengan mesin empat-stroke [. rujukan? ] Mereka juga lebih mudah untuk memulai. [ kutipan diperlukan ] Dua-stroke engine memiliki hidup yang lebih pendek karena pelumasan piston miskin, karena pelumasan datang dari campuran bahan bakar minyak.
Empat-stroke engine umumnya dikaitkan dengan luas band kekuasaan membuat untuk pengiriman daya yang agak lembut, tetapi teknologi seperti katup buluh dan buang listrik-katup sistem telah meningkat naik-kemampuan pada dua-stroke. [ kutipan diperlukan ] ekonomi bahan bakar juga lebih baik dalam empat-stroke akibat pembakaran yang lebih lengkap dari biaya asupan dalam empat-stroke engine.
Namun demikian, dua-stroke sudah digantikan pada sepeda motor di negara-negara berkembang karena kerugian lingkungan mereka. Pelumasan silinder yang selalu total kerugian dan ini pasti mengarah ke knalpot smokey, terutama pada bukaan throttle lebar. Dua-stroke motor bermesin terus dilakukan dalam jumlah besar, tapi sebagian besar daya rendah moped , kecil skuter dan langkah-melalui underbones mana mereka masih bersaing kuat dengan empat-stroke (termasuk sepeda motor penjualan tertinggi sepanjang masa, 50 cc Honda Super Cub ). Pasar utama dari dua-stroke motor berada di negara-negara berkembang .

Kepala Silinder (Empat Stroke)

Desain kepala silinder memiliki efek signifikan pada efisiensi pembakaran, dan dari situ output daya mesin. Kepala bisa datar , dalam hal ini ruang pembakaran berada dalam silinder dan / atau depresi dalam mahkota piston, tapi biasanya sebuah "kubah" di dalam kepala silinder menyediakan sebagian besar volume pembakaran. Pada sepeda motor, katup gigi cenderung sisi katup , overhead valve (OHV) dengan pushrod operasi, (tunggal) biaya overhead cam , (s) OHC, dan biaya overhead cam ganda , DOHC. Sebuah OHC (atau dohc) kepala silinder akan memiliki minimal dua katup per silinder (1 inlet dan 1 knalpot), tetapi beberapa memiliki tiga (2 inlet dan 1 knalpot), atau empat (2 inlet dan 2 knalpot), atau bahkan lima ( 3 inlet dan 2 knalpot). Kepala silinder adalah bagian terpanas dari mesin dan memerlukan pendinginan yang memadai, biasanya pendingin udara , pendinginan oli atau pendingin cair .
Beberapa sepeda motor seperti Harley Davidson-, Guzzis Moto dan BMW menjadi diidentifikasi oleh silinder-kepala mereka jenis, yaitu tolol , Panhead , oilhead , dan bahkan Knucklehead [4] [6] . Ducati desmos kepala memungkinkan rpm lebih tinggi akan dicapai tanpa bahaya "terpental katup".

Katup kontrol (Empat Stroke)

Dalam mesin sisi-katup, katup dioperasikan dari cam "underhead" tanpa gigi katup khusus. Mesin OHV memiliki katup yang dioperasikan oleh pushrods. OHC dan mesin DOHC memiliki overhead camshaft biasanya dioperasikan oleh rantai, sabuk, melatih gigi atau drive bevel gigi.
Honda dilengkapi CBR400F dengan REV (digambarkan sebagai "revolusi tipe mekanisme katup berhenti merespons") pada tahun 1983, [7] Sistem ini memungkinkan untuk beralih jumlah operasi katup per silinder antara rentang kecepatan rendah dan menengah revolusi dan kecepatan berkisar revolusi tinggi. Pada tahun 2002, Honda memperkenalkan Hyper VTEC di Interceptor VFR800 . Pada tahun 2006, Kawasaki memperkenalkan VVT di Concours 14 . [8] .

Satuan konstruksi

Mesin dan gearbox awalnya item terpisah, gearbox didorong oleh suatu "rantai utama". Kemudian desain menggabungkan dua elemen menjadi "konstruksi unit" tunggal. Beberapa produsen, seperti Norton dan Enfield dilanjutkan dengan konstruksi "pra-unit" sampai saat ini, dan Harley-Davidson masih membuat pra-unit mesin hari ini.
Pada awal 1960-an, BSA dan Triumph , dimodifikasi kembar pra-unit mereka paralel ke unit mesin konstruksi. Keputusan Lucas menghentikan pembuatan dinamo dan magnetos, dan untuk menghasilkan alternator hanya dan sistem pengapian coil, merupakan faktor signifikan dalam memaksa mendesain ulang.
Secara tradisional, mesin dan gearbox memiliki sistem pelumasan terpisah dengan nilai yang berbeda dari minyak, tetapi praktek modern adalah dengan menggunakan minyak yang sama untuk keduanya.

Silinder dan konfigurasi

Mayoritas mesin sepeda motor dikonfigurasi sebagai single, kembar paralel, tiga kali lipat, merangkak dan berenam, dan semua ini mungkin inline atau transversal. Vee mesin termasuk V-kembar dan V-merangkak, dan mesin horizontal menentang termasuk kembar datar, datar dan datar merangkak berenam. Mesin Wankel yang baik tunggal-rotor atau rotor kembar. Sepeda yang lebih besar cenderung memiliki silinder lebih untuk kelancaran dan daya yang meningkat. Modern single berkisar dalam kapasitas dari 50 cc sampai 660 cc, 175 cc kembar dari ke 1800 cc, tiga kali lipat dari 380 cc ke 2.300 cc, dan sebagainya.

Tunggal

Mesin silinder tunggal (alias "single" atau "thumpers") memiliki silinder vertikal, miring atau horisontal, jenis terakhir yang paling umum di langkah-melalui sepeda motor. Single-silinder mesin memerlukan baik yang lebih besar roda gila dan gearbox lebih berat-tugas dari mesin multicylinder. Single kecil yang murah untuk membangun dan mempertahankan dan cocok sebagai sepeda motor listrik murah.
. Sampai pertengahan 1960-an, jalan-balap mesin (seperti Matchless, AJS dan Norton) cenderung single besar, tetapi sejak itu telah menjadi pembalap multicylinder norma Off-road sepeda masih menggunakan satu silinder mesin, tetapi kategori baru dari ganda-olahraga sepeda cenderung menggunakan kembar atau tiga kali lipat.

Kembar

Paralel-kembar
1962 Honda CB77 Superhawk 305 cc (18,6 cu in) mesin kembar.
Dimulai dengan Edward Turner 's 1937 Triumph Speed ​​Twin desain, dan sampai pertengahan 1970-an, yang kembar paralel adalah jenis motor yang paling umum Inggris. Paralel kembar biasanya dipasang melintang, dengan sisi silinder dengan sisi atas poros engkol, dan dengan pipa knalpot di bagian depan, di aliran udara dingin. Kembar longitudinal (alias "inline kembar") termasuk 500 cc S7 dan S8 Sunbeam . Ada tiga konfigurasi crankshaft untuk mesin ini: 360 °, 180 °, dan 270 the-baru. Paralel kembar biasanya memiliki hanya dua bantalan utama.
V-twin
Dalam mesin V-twin silinder membentuk "V" di sekitar crankshaft . Sebuah Vee-sudut 90 °, seperti yang digunakan oleh Ducati dan Moto Guzzi, dapat memberi keseimbangan primer dan sekunder yang sempurna, dengan perintah tembak pleasingly tidak teratur. Sebuah sudut yang lebih rendah memberikan motor yang lebih kompak, tapi satu yang rentan terhadap getaran, seperti 42 ° (India), 45 ° (Harley-Davidson), 52 ° Honda , dan 60 ° (Aprilia). Kebanyakan V-kembar memiliki crankpin tunggal bersama dengan sisi-by-side menghubungkan batang (sehingga silinder yang sedikit offset), tetapi variasi adalah untuk memiliki crankpin tunggal dengan "garpu & pisau" con-batang, untuk menjaga silinder sejalan. Non-90 ° V-kembar mungkin harus diimbangi crankpins untuk mencoba mengurangi getaran.
V-kembar dapat dipasang baik longitudinal dengan silinder menonjol sisi (misalnya Honda CX500 dan Moto Guzzi ), atau melintang [9] , (misalnya Harley Davidson, Ducati, Hesketh, Vincent, Moto Morini dan Aprilia). Transverse V-kembar dapat meningkatkan kesulitan dalam pendingin silinder belakang, dan dalam penempatan airbox, baterai, belakang karburator, dan pipa knalpot belakang.
Datar kembar
BMW menentang kembar pada 1954 R68
Dalam mesin datar kembar (petinju), silinder yang horizontal menentang. Petinju ini memiliki keseimbangan primer yang sempurna, keseimbangan hanya beberapa goyang kecil, dan (tidak seperti V-twin), menembak interval teratur, menghasilkan tingkat getaran yang sangat rendah (tanpa menggunakan poros penyeimbang). Mesin tersebut biasanya dipasang longitudinal dengan silinder menonjol ke dalam aliran udara, sehingga flat kembar dapat memuaskan berpendingin udara. Kembar flat dibuat oleh BMW , Ural , WW2 Harley-Davidson "XA" model, Marusho, dan historis oleh Douglas . Mounting membujur membuat flat kembar sangat cocok untuk drive poros akhir, tapi (tentu saja, anehnya) Dragonfly Douglas rantai-drive.
Beberapa sepeda motor awal menggunakan mesin yang dipasang melintang flat kembar.
Tandem kembar
Tandem Twin dimana silinder yang memanjang, dan memiliki dua engkol diarahkan bersama-sama seperti Kawasaki 's KR250 dan KR250 sepeda jalan dan KR350 GP Sepeda. Sebuah kembar tandem secara efektif sepasang single diarahkan, dan harus dibedakan dari saudara kembar inline seperti S7 Sunbeam. Kembar tandem yang cocok terutama untuk dua-stroke pembalap.

Single

Inline 3
Triumph Rocket III inline-3
Tiga silinder (alias tiga kali lipat ) biasanya dipasang melintang. Inggris Hinckley pabrik Triumph memiliki spesialisasi dalam tiga kali lipat melintang, meskipun 2.300 cc mereka membujur Rocket III memiliki mesin inline. Contoh lain adalah Benelli ' "Tre" dan Yamaha XS750 . Perusahaan Italia Laverda membuat 1.000 cc dan 1.200 tiga kali lipat beberapa cc. Anehnya, beberapa Triple Laverda memiliki 120 engkol °, sementara beberapa memiliki engkol 180 ° (dasarnya tiga-perempat dari empat). BMW membuat K75 memanjang 750 cc tiga silinder dengan sejajar dengan tanah. Meriden Triumph mengembangkan 750 cc Trident, dari mana BSA "lencana-rekayasa-3 Rocket.
Beberapa tiga kali lipat dua-stroke. Para tiga kali lipat Kawasaki diproduksi dengan kapasitas 250,, 350 400, 500, dan 750 cc di tahun 1970-an, sementara Suzuki diproduksi 380, 550, dan 750 tiga kali lipat (diubah terakhir air-cooled). Motobecane dibuat 350 cc dan bahan bakar injeksi 500 cc dengan 3 tiga kali lipat menjadi 4 pipa di awal tahun tujuh puluhan. Honda menghasilkan air-cooled V-3 dua-stroke MVX250 dan NS400. Ada tiga kali lipat sepeda balap berbagai seperti Kawasaki KR750, Suzuki TR750 melintang 3, dan Proton / Modenas KR3, Honda NS500 V-3s.

Empat

Empat-silinder mesin yang paling sering ditemukan dalam transversal-mount empat inline tata letak, meskipun beberapa membujur (seperti pada sebelumnya BMW K100 ). V-4 dan petinju desain (seperti pada sebelumnya Emas Honda Wing ) telah dihasilkan. Salah satu desain yang lebih tidak biasa adalah Lapangan Ariel Empat , efektif dua paralel-mesin kembar satu di depan yang lain dalam crankcase umum - itu sangat sedikit getaran karena kontra-rotating crankshafts.
Inline 4
Honda CB750 transversal inline-4
Sejak munculnya Honda CB750 mesin empat lurus, lurus merangkak telah mendominasi segmen mobil non-jalan sepeda motor. Para produsen Jerman Münch berdasarkan sepeda motor mereka pada empat-silinder mesin mobil (misalnya Mammut 2000 memiliki 2.0L dengan turbo dan kepala silinder oleh Cosworth ).
Flat 4
Honda GL1000 datar empat
Sebuah flat-4 atau horizontal menentang-4 adalah mesin datar dengan empat silinder horizontal diatur dalam dua bank dari dua silinder pada setiap sisi dari bak mesin pusat. Piston biasanya dipasang pada poros engkol sehingga piston menentang bergerak maju mundur dalam arah yang berlawanan pada saat yang sama, agak seperti pesaing tinju sarung tangan meninju mereka bersama-sama sebelum memerangi, yang telah menyebabkan itu menjadi disebut sebagai mesin boxer. Hasil konfigurasi dalam keseimbangan yang inheren baik dari bagian reciprocating, pusat gravitasi rendah, dan panjang mesin yang sangat singkat.
V4
Honda VFR1200F mesin dengan transmisi kopling ganda.
Honda menggunakan mesin V4 dalam seri ST dan seri VFR . Adapun dua-stroke engine, ada empat silinder di kelas yang lebih kecil seperti 125 cc Kawasaki KR3 persegi 4 dan Yamaha 's 250 cc V4 RD500 (RZ 500 di AS). Yamaha kemudian berlari empat TZ500/700/750 's melintang dan hampir semua sepeda dalam dekade terakhir dari era GP500 dua-stroke merangkak (kotak pertama kemudian Vees) yaitu Honda, Kawasaki, Cagiva, Suzuki, Yamaha - Kawasaki juga bereksperimen dengan trapesium empat 602S tersebut. Yamaha membuat RD500LC V4, dan Suzuki RG400 dan RG500 yang persegi empat sepeda jalan.
Persegi 4
Sebuah persegi empat adalah mesin U dengan dua silinder di setiap sisi. Konfigurasi ini digunakan pada Lapangan Ariel Empat sepeda motor 1931-1959. Desain ini dihidupkan kembali sebagai versi dua-stroke pada beberapa balap Suzuki model, dan selanjutnya mereka pergi jalan-versi RG500 . Meskipun beberapa keberhasilan dicapai balap, sepeda jalan tidak menjual dalam jumlah besar, dan desain telah dihapus mendukung in-line, empat-stroke desain, seperti pada saat dua-stroke engine dengan cepat digantikan oleh lebih ekonomis, handal, dan emisi-ramah empat-stroke.

Lima

V5
Honda V5 mesin MotoGP
Honda telah menghasilkan lima-silinder mesin untuk balap, yang RC211V 990 cc V5. Tidak ada mesin V5 saat ini tersedia di sepeda motor produksi komersial.
Hanya sebelum runtuh mereka, BSA merencanakan sebuah keluarga modular dari mesin sepeda berbasis di sekitar sebuah single 200 cc. Rentang ini adalah untuk menyertakan, single 400 cc twin, 600 cc tiga dan V5 1000 cc. Tak satu pun dari sepeda motor mencapai produksi. [10]

Enam

Inline 6
Benelli Sei inline-6
Para 1.047 cc Honda CBX diproduksi 1978-1982. 1.300 cc Kawasaki KZ1300 diproduksi 1979-1989. Benelli membuat 750 cc dan 900 cc Sei 1972-1978. Honda 250 cc membuat lurus enam sepeda GP. Para K1600GT BMW dan K1600GTL , yang diluncurkan pada tahun 2011, memiliki transversal-mount 1.649 cc.
Datar 6
Honda Valkyrie datar-6
Mesin enam silinder saat ini digunakan oleh Honda di Rune, Valkyrie dan Gold Wing .

V8

Galbusera V8 dibangun di 1938, dan Moto Guzzi bereksperimen selama dua tahun dengan dual-overhead-cam yang 500 cc V8 (yang Cylindri Otto) pada tahun 1950. Beberapa sepeda motor kustom dan satu-off menggunakan lebih dari enam silinder. Sebagai contoh, Boss Hoss menggunakan sepeda motor (5.700 cc, 6.000 cc dan 8.200 cc) Chevy V-8 motor peti. Pada 1990-an Daimler-Chrysler diproduksi dalam jumlah terbatas Tomahawk sepeda menampilkan konsep V-10 sebuah mesin Dodge Viper. Perusahaan Australia Drysdale telah membangun berjalan pendek 750 cc V8 superbikes dan V8 1L roadgoing sepeda motor, baik dengan mesin khusus dikembangkan untuk tujuan tersebut. Tidak ada produsen sepeda motor besar telah digunakan delapan atau lebih silinder, meskipun Honda membuat 'hampir' V8 NR750 piston oval jalan sepeda dan sepeda NR500 GP (memiliki delapan menghubungkan batang, misalnya) dan Morbidelli telah menunjukkan dua prototipe sepeda jalan V8, namun memiliki belum turun tanah

Jenis lain




Diesel

Hanya jumlah yang sangat kecil bermesin diesel sepeda motor yang pernah dibangun. Efisiensi bahan bakar diimbangi oleh peningkatan berat badan, percepatan berkurang dan potensi kesulitan mulai, setidaknya dalam iklim dingin. Enfield India dibangun beberapa sejak tahun 1965 tetapi tidak lagi melakukannya. [11] Pada bulan November 2006, Belanda perusahaan EVA Produk BV Belanda mengumumkan pertama mereka sepeda motor bertenaga diesel , Track T-800CDI, menggunakan 800 cc tiga silinder mesin diesel Daimler Chrysler. [12]
Beberapa tentara bergerak ke armada mesin diesel semua untuk mengurangi risiko kebakaran dari bensin dan kebutuhan untuk menyediakan dua bahan bakar berbeda. Ini termasuk pengendara pengiriman mereka juga, mendorong pasar untuk sepeda motor diesel. Minat biofuel juga cenderung untuk mendorong perkembangan masa depan untuk Diesels kecil.
Mesin diesel juga tersedia di kedua dua-dan empat-stroke versi.

Mesin pendingin

Cair

Liquid-cooled motor memiliki radiator (mirip dengan radiator pada mobil) yang merupakan cara utama mereka adalah panas tersebar. Pendingin terus diedarkan antara radiator dan silinder ketika mesin sedang berjalan. Sementara sebagian besar off-road sepeda motor tidak memiliki kipas radiator dan bergantung pada udara yang mengalir melalui radiator dari gerakan ke depan sepeda motor, sepeda motor jalan banyak memiliki kipas kecil yang menempel pada radiator yang dikendalikan oleh termostat. Beberapa off-road sepeda motor yang liquid-cooled, dan anti-kotoran perlindungan melekat pada radiator. Efek pendinginan dari kipas ini cukup untuk mencegah mesin overheating pada kondisi yang paling, sehingga cairan didinginkan sepeda aman untuk digunakan dalam kota, dimana lalu lintas mungkin sering terhenti sama sekali.
Emisi peraturan dan permintaan pasar untuk daya maksimum yang mendorong industri sepeda motor ke cair-pendinginan untuk sepeda motor kebanyakan. Bahkan Harley-Davidson, advokat kuat dari motor berpendingin udara, telah mulai menghasilkan Revolusi liquid-cooled engine.

Udara

Kebanyakan sepeda motor berpendingin udara memanfaatkan udara bertiup melewati kepala silinder dan silinder, sementara dalam gerakan untuk membubarkan panas. Sering, periode stasioner berkelanjutan dapat menyebabkan overheating. Beberapa model (kebanyakan skuter) yang dilengkapi dengan kipas yang memaksa udara untuk melewati blok silinder, yang memecahkan masalah kota mengemudi. Silinder berpendingin udara pada sepeda dirancang dengan sirip (heat sink) untuk membantu dalam proses ini. Berpendingin udara sepeda lebih murah, sederhana dan lebih ringan dari air-cooled rekan-rekan mereka.

Minyak

Para R1150GS BMW memiliki oil cooler di bawah lampu depan dan sirip untuk pendinginan udara di silinder
Beberapa produsen menggunakan metode pendinginan mesin hybrid dimana minyak disirkulasikan antara kasus mesin dan radiator kecil. Di sini minyak ganda sebagai cairan pendingin, mendorong nama "minyak-pendinginan." Suzuki telah menghasilkan banyak "minyak-didinginkan" sepeda motor. Modern BMW R-seri datar kembar sepeda motor, seperti R1150GS , udara dan pendinginan menggunakan minyak. Kemenangan sepeda motor Polaris menggunakan minyak / pendingin udara secara eksklusif.

Komponen lain

Injeksi bahan bakar dan sistem manajemen mesin komputer sekarang normal pada kisaran menengah dan sepeda motor yang lebih besar dan semakin sering dimasukkan ke mesin yang lebih kecil, sebagian didorong oleh kontrol emisi yang lebih baik dan pemeliharaan yang lebih rendah, tetapi kebanyakan oleh pertimbangan biaya produksi. Sistem pengapian pindah dari dinamo pada tahun 1950 untuk baterai-koil-kontak pemutus (poin), dan ini semakin digantikan oleh Capacitor Discharge Ignition (CDI) dari tahun 1980-an. Kecil, satu silinder sepeda motor meninggalkan sistem roda gila magneto dengan pemutus kontak yang sama didorong roda gila solid-state sistem pada waktu yang sama.
Turbo dan supercharger. Superchargers (blower) yang umum di GP, sampai mereka dilarang (yang tidak membantu dua-stoke, sebagai teknologi pra Degners Ernest baru, mereka membutuhkan bantuan terhadap empat-stroke). Empat besar juga membuat sepeda turbo-ed, Honda membuat dua ......, terutama sebagai latihan dalam keahlian teknis dan kemudian dihentikan untuk metode yang lebih konvensional. Baut (juga hampir) blower yang tersedia untuk menempatkan sepeda jalanan - dan mereka sangat penting untuk sepeda drag dan streamliners rekor kecepatan tanah dll Sebagian olahraga sepeda sekarang menggunakan semacam sistem 'ram-air' di mana, seperti meningkatkan kecepatan jalan, udara lebih dan lebih dipaksa melalui saluran di fairing untuk menekan airbox - tidak menjadi bingung dengan sistem Ram-Air asli mana sendok udara / kerudung dipaskan dengan bagian atas kepala silinder Suzuki dua-stroke untuk membantu pendinginan .
sumber : wikipedia