Sabtu, 26 November 2011

sistem suspensi sepeda motor

Bentuk yang paling umum dari suspensi depan untuk sepeda motor adalah teleskopik garpu . Awal suspensi depan desain frame digunakan dengan pegas.
Vincent Hitam Petir dengan suspensi depan Girdraulic
Beberapa produsen Inggris (misalnya Greeves) menggunakan versi dari lengan ayun untuk suspensi depan pada desain mereka motorcross. Sebuah versi satu sisi ide ini juga digunakan di motor skuter seperti Vespa .
Para kemudi Hub-pusat seperti yang dikembangkan oleh Ascanio Rodorigo , pada konsep yang terkait dengan Massimo Tamburini adalah sebuah front swingarm alternatif sistem yang kompleks yang memerlukan suspensi dan kemudi, seperti yang terlihat dalam proyek-proyek seperti Bimota Tesi dan Vyrus sepeda motor.

garpu teleskopik

Pada tahun 1934 Nimbus adalah produsen pertama untuk memproduksi sepeda motor dengan garpu teleskopik hidrolik teredam. Kebanyakan sepeda motor saat ini menggunakan garpu telescopic untuk suspensi depan. Garpu dapat paling mudah dipahami hanya sebagai peredam kejut hidrolik besar dengan internal per pegas . Mereka memungkinkan roda depan untuk bereaksi terhadap ketidaksempurnaan di jalan sementara mengisolasi sisa sepeda motor dari gerakan itu.
Garpu teleskopik pada 1969 BMW
Bagian atas garpu yang terhubung ke frame sepeda motor di sebuah pohon tiga penjepit (atau dikenal untuk pengendara Inggris sebagai kuk kuk atas dan bawah), yang memungkinkan garpu akan berubah dalam rangka untuk mengarahkan sepeda motor.
Bagian bawah garpu yang terhubung ke roda depan sekitar yang roda depan berputar.
Pada garpu yang khas, bagian atas, yang dikenal sebagai tabung garpu, geser di dalam tubuh garpu, yang merupakan bagian bawah dari garpu. Sebagai tabung slide dalam dan keluar dari tubuh mereka teleskopis , sehingga garpu teleskopik panjang. Tabung garpu harus mulus untuk menutup minyak garpu di garpu, dan biasanya memiliki permukaan cermin, meskipun tabung garpu beberapa, terutama yang off-road sepeda motor, diapit lengan pelindung plastik, dikenal sebagai pelindung kaki.
"Upside-down" (USD) garpu, juga dikenal sebagai garpu terbalik, dipasang terbalik dibandingkan dengan garpu khas, dengan tabung di bagian bawah dan badan-badan di atas. Hal ini mengurangi berat badan unsprung sepeda motor dan meningkatkan penanganannya. Garpu USD biasanya ditemukan pada sportbikes , meskipun Honda 'power cruiser-besar, Valkyrie , memakai garpu Rp.

Pra-beban penyesuaian

Suspensi motor dirancang sehingga air selalu di bawah kompresi, bahkan ketika sepenuhnya diperpanjang. Pra-beban digunakan untuk mengatur posisi awal dari suspensi dengan berat pengendara sepeda motor dan bertindak.
Perbedaan antara panjang penuh suspensi diperpanjang dan panjang dikompresi oleh berat dan pengendara sepeda motor disebut melorot total. Total melorot diatur untuk mengoptimalkan posisi awal suspensi untuk menghindari titik terendah atau topping di bawah kondisi berkendara yang normal. Bottoming keluar "terjadi ketika suspensi dikompresi ke titik di mana secara mekanis tidak dapat memampatkan lagi Topping keluar terjadi ketika suspensi meluas sepenuhnya dan tidak dapat mekanis memperpanjang lagi.. Meningkatkan pra-beban meningkatkan kekuatan awal pada musim semi sehingga mengurangi melorot Total Penurunan pra-beban berkurang. kekuatan awal di musim semi sehingga meningkatkan melorot total.
Sebuah sepeda motor memungkinkan penyesuaian beberapa pra-beban dengan mengubah tekanan udara di dalam garpu. Katup di atas garpu memungkinkan udara yang akan ditambahkan atau dilepaskan dari garpu. [2] tekanan udara lebih memberikan lebih preload, dan sebaliknya.

penyesuaian Damping

Garpu teleskopik memiliki saham beberapa penyesuaian eksternal untuk redaman . Adjuster berubah dalam tongkat garpu yang membawa ukuran lubang yang berbeda ke dalam keselarasan dengan jalur aliran fluida di dalam redaman garpu. Lubang kecil membatasi aliran minyak garpu yang lebih dan memberikan redaman yang lebih besar.
minyak Fork
Sejak garpu bertindak sebagai guncangan hidrolik, mengubah berat minyak garpu akan mengubah redaman.
Cartridge garpu
Garpu kartrid menggunakan cartridge internal dengan berbagai pegas daun menutupi lubang untuk mengontrol redaman garpu.
Beberapa angkat daun pegas dengan kekuatan kecil memungkinkan cairan mengalir melalui lubang. Mata air lainnya membutuhkan kekuatan yang lebih besar untuk mengangkat dan memungkinkan aliran. Ini memberikan redaman yg bersifat penyimpangan garpu, memungkinkan untuk menjadi kaku atas gundukan kecil, tetapi mendapatkan yang relatif lebih lembut atas gundukan yang lebih besar.
Juga, mata air hanya mengizinkan mengalir dalam satu arah, jadi satu set pegas kompresi kontrol redaman, dan lain rebound damping. Hal ini memungkinkan dampings akan diatur secara terpisah.
Emulator Cartridge adalah bagian aftermarket yang membuat non-cartrdige garpu berperilaku seperti garpu kartrid.
Gas bermuatan garpu kartrid
Pada tahun 2007 gas bermuatan baut-dalam cartridge ditetapkan untuk garpu sportbike modern yang menjadi tersedia. Kit ini adalah legal untuk kelas supersport bergaya balap, yang tidak mengizinkan peraturan pengganti garpu lengkap, dan memaksa pesaing untuk menggunakan casing saham garpu.

Rem menyelam

Menerapkan rem sepeda motor bergerak meningkatkan beban ditanggung oleh roda depan dan mengurangi beban yang ditanggung oleh roda belakang karena fenomena yang disebut transfer beban . Untuk penjelasan rinci dan perhitungan sampel, lihat pengereman bagian dari dinamika Sepeda dan sepeda motor artikel.
1955-1969 BMW Earles garpu terbalik menyelam dihilangkan dan rem
Jika sepeda motor dilengkapi dengan garpu teleskopik , beban ditambah pada roda depan ditransmisikan melalui garpu, yang kompres. Ini pemendekan garpu menyebabkan ujung depan sepeda untuk bergerak lebih rendah, dan ini disebut menyelam rem.
Rem menyelam dapat membingungkan bagi pengendara, yang mungkin merasa seperti dia atau dia adalah tentang untuk dilempar di bagian depan sepeda motor. Jika penyelaman sepeda sejauh ke bawah keluar garpu depan, juga dapat menyebabkan penanganan dan pengereman masalah. Salah satu tujuan dari suspensi adalah untuk membantu menjaga kontak antara ban dan jalan. Jika suspensi telah dipercaya keluar, tidak lagi bergerak sebagaimana mestinya, dan tidak lagi membantu untuk mempertahankan kontak.
Rem menyelam dengan garpu teleskopik dapat dikurangi dengan meningkatkan baik tingkat musim semi mata air garpu, atau meningkatkan redaman kompresi dari garpu. Namun, semua perubahan ini membuat sepeda motor yang kurang menyenangkan untuk naik di jalan kasar, karena ujung depan akan merasa kaku, pada tahun 1980 berbagai produsen berusaha untuk mendapatkan putaran ini dengan metode anti-menyelam seperti:
  • ACT: Dikembangkan oleh Marzocchi dan dipasang ke motor Buell seperti RR Buell 1200 (1988).
  • Andf (Forks Hidung Anti Dive): ini dipasang sejumlah model Suzuki GSX dan RG250 tersebut.
  • AVDS (Damping Sistem Otomatis Variabel): ini dilengkapi dengan sejumlah sepeda motor Kawasaki.
  • NEAS (New Suspension elektrik Registered): Sebagai dipasang pada Suzuki GSX-R 1100 dan GSX-R 750 Limited Edition.
  • PDF (Posi Lembab Fork): ini dipasang pada RG500 Suzuki dan GSX-R 750 dan bekerja karena tekanan minyak rem menutup katup dalam mekanisme saat rem diterapkan, membatasi aliran minyak redaman dan memperlambat kompresi garpu. Katup pegas sehingga jika roda hits benjolan ketika rem, mereka terpental kursi mereka dan memulihkan aliran minyak sejenak untuk memungkinkan suspensi untuk menyerap shock.
  • TCS (Perjalanan Control System): Anti-sistem dengan redaman menyelam variabel. TCS diperkenalkan di FZ 400 R (, 1984 hanya untuk pasar Jepang).
  • TRAC (Torsi reaktif Anti-menyelam Pengendalian): ini dilengkapi dengan sejumlah sepeda motor Honda seperti CB1100F , CB1000C , dan VFR750F dan bekerja dengan memanfaatkan caliper berputar yang diaktifkan katup di kaki garpu.
Cara lain untuk mengurangi atau menghilangkan menyelam rem di garpu teleskopik adalah dengan menggunakan link reaktif atau lengan torsi untuk menghubungkan komponen pengereman ke frame sepeda motor melalui penjepit tiga.
Beberapa desain garpu menyelam mengurangi, menghilangkan, atau bahkan membalikkan tanpa mempengaruhi suspensi depan negatif. Para garpu Earles adalah salah terakhir; saat pengereman rem depan keras, ujung depan sepeda motor benar-benar meningkat. BMW Telelever garpu dirancang untuk hampir menghilangkan menyelam, tapi bisa telah dirancang untuk menghilangkan sepenuhnya jika produsen memilih untuk melakukannya. Garpu depan Memimpin link, seperti yang digunakan pada beberapa sepeda motor Ural , juga dapat dirancang baik untuk mengurangi atau menghilangkan menyelam.

Saxon-Motodd (Telelever) garpu

BMW Telelever
Saxon-Motodd (dipasarkan sebagai Telelever oleh BMW ) memiliki swingarm tambahan yang mount ke frame dan mendukung musim semi. Hal ini menyebabkan menyapu dan jejak meningkat selama pengereman bukannya menurun seperti garpu teleskopik tradisional.

Hossack / Fior (Duolever) garpu

Para Hossack / Fior (dipasarkan sebagai Duolever oleh BMW ) memisahkan sepenuhnya suspensi dari pasukan kemudi. Ini dikembangkan oleh Norman Hossack meskipun digunakan oleh Claude Fior dan John Britten pada racebikes. Hossack sendiri menggambarkan sistem sebagai 'mengarahkan tegak'. Pada tahun 2004 BMW mengumumkan K1200S dengan suspensi depan baru yang didasarkan pada desain ini.

Single-sided

Sebuah suspensi satu-sisi Suspensi depan digunakan pada Yamaha GTS1000 , diperkenalkan pada tahun 1993. GTS menggunakan suspensi depan Radd yang dirancang oleh James Parker . Sebuah garpu gelagar satu sisi adalah digunakan oleh Imme perusahaan Jerman antara 1949 dan 1951, dan Vespa skuter memiliki satu-sisi trailing-link garpu . Baru-baru ini [ kapan? ], yang ItalJet "dragster" skuter juga menggunakan suspensi satu sisi swingarm, meskipun tidak seperti GTS1000 tidak ada kelompok kontrol atas, bagian atas dari suspensi pada mobil balap hanya melayani untuk mengirimkan input kemudi.

Suspensi belakang

Plunger suspensi belakang pada BMW R51 / 3

suspensi belakang Awal

Sementara suspensi depan hampir universal diadopsi sebelum Perang Dunia I, beberapa produsen tidak menggunakan suspensi belakang pada sepeda mereka sampai setelah Perang Dunia II. Namun, sepeda motor dengan suspensi belakang ditawarkan kepada publik sebelum Perang Dunia I. Terkenal di antara ini adalah 1913 India tunggal dengan swingarm tergantung pada sebuah pegas daun dan Paus 1913 dengan roda didukung pada sepasang piston yang masing-masing ditangguhkan oleh coil spring . [3] [4]

plunger suspensi

Beberapa sepeda motor sebelum dan segera setelah Perang Dunia II digunakan plunger suspensi di mana gerakan vertikal dari poros belakang dikontrol oleh piston ditangguhkan oleh pegas. [5]
Terkemuka produsen sepeda dengan suspensi penyedot termasuk Adler , Ariel , BMW , BSA , India , MZ , Norton , dan Zundapp

swingarms

Swingarm motor dasar persegi panjang, dengan satu sisi pendek terhubung ke frame sepeda motor dengan bantalan sehingga dapat poros. [6] Sisi pendek lainnya adalah poros belakang sekitar yang berubah roda belakang. Sisi panjang yang terhubung ke frame sepeda motor atau belakang sub-frame dengan satu atau dua kejutan dengan coil-over springs.
Pada sepeda motor produksi, swingarms tidak persis persegi panjang, tetapi fungsi mereka dapat lebih mudah dipahami dengan memikirkan mereka seperti itu.
Moto Guzzi yang CA.RC
Ketika swingarm hadir hanya pada satu sisi dari sepeda motor, ini dikenal sebagai satu-sisi swingarm . Contoh penting termasuk VFR800 Honda dan BMW R-dan K-seri. Satu-sisi swingarms membuat roda belakang penghapusan mudah, meskipun mereka umumnya meningkatkan berat badan unsprung dari suspensi belakang. Hal ini disebabkan bahan tambahan yang diperlukan untuk memberikan kekakuan torsi identik dengan setup konvensional (dua sisi) swingarm. Untuk alasan ini olahraga sepeda jarang dilihat menggunakan setup. Pengecualian menonjol adalah Ducati 916 yang dimaksudkan untuk balap ketahanan diambil, MV Agusta F4 yang memiliki interior berongga untuk mengurangi berat badan (versi magnesium juga tersedia), dan Ducati 1098, yang diberi swingarm sisi tunggal murni untuk styling alasan.
BMW Paralever suspensi belakang pada R1200GS
Pada banyak sepeda motor penggerak poros drive shaft terkandung dalam salah satu sisi panjang swingarm tersebut. Contoh penting mencakup semua pasca-1955 model BMW sebelum menggunakan BMW dari single-sisi swingarms, Ural , banyak Moto Guzzi kembar, Honda Goldwing , yang XS Yamaha Sebelas , dan Yamaha FJR1300 .
BMW R-dan K-series menggabungkan poros-drive yang terkandung dalam lengan ayun dengan swingarm satu sisi, dan kombinasi dipasarkan sebagai Paralever tersebut. Moto Guzzi sepeda motor baru menggunakan pengaturan yang sama dipasarkan sebagai CA.RC ("Cardano Reattivo Compatto" - Drive Shaft Compact Reaktif).
Untuk sepeda motor dengan drive rantai, poros belakang dapat disesuaikan ke depan dan kembali dalam kaitannya dengan swingarm, untuk menyesuaikan ketegangan rantai.

peredam Syok

Peredam kejut hidrolik digunakan pada suspensi belakang sepeda motor pada dasarnya sama dengan yang digunakan dalam aplikasi kendaraan lain.
Guncangan motor yang sedikit berbeda dalam bahwa mereka hampir selalu menggunakan coil-over musim semi. Dengan kata lain, musim semi untuk suspensi belakang adalah coil spring yang diinstal di atas, atau sekitar, shock.
Dalam hal penyesuaian, guncangan belakang rentang kisaran dari pra-beban penyesuaian hanya untuk balap guncangan dengan penyesuaian untuk pra-beban, dan empat berbagai jenis redaman. Guncangan Kebanyakan reservoir minyak internal, tetapi beberapa memiliki yang eksternal, dan beberapa menawarkan udara dibantu redaman.
Sejumlah perusahaan menawarkan custom built guncangan belakang untuk sepeda motor. Guncangan ini dirakit untuk sepeda motor yang spesifik dan kombinasi pembalap, mengambil ke account karakteristik sepeda motor, berat pengendara, dan lebih suka gaya pengendara naik / agresivitas.

peredam kejut Twin

Twinshock mengacu pada motor yang memiliki dua peredam kejut. Umumnya, istilah ini digunakan untuk menunjukkan sebuah era tertentu sepeda motor, dan yang paling sering digunakan saat menjelaskan off-road sepeda motor.
Selama akhir 1970-an dan 1980-an, motor suspensi belakang desain dan kinerja menjalani kemajuan luar biasa. Tujuan utama dan hasil dari kemajuan ini meningkat perjalanan roda belakang, seperti yang diukur dalam seberapa jauh roda belakang bisa bergerak naik dan turun. Sebelum periode ini fokus yang intens pada kinerja suspensi belakang, sebagian besar off-road sepeda motor telah melakukan perjalanan roda belakang dari sekitar 3,5-4 inci (9-10 cm). Pada akhir periode ini, sebagian besar sepeda motor telah melakukan perjalanan roda belakang sekitar 12 inci (30 cm). Pada awal periode ini, berbagai desain suspensi belakang digunakan untuk mencapai tingkat kinerja. Namun, pada akhir periode ini, desain yang terdiri dari hanya menggunakan satu shock breker (bukan dua) adalah universal diterima dan digunakan. Sepeda motor dengan hanya satu shock absorber disebut monoshock sepeda motor. Kinerja monoshock sepeda motor jauh lebih unggul untuk sepeda motor kejutan kembar. Dengan demikian, perbedaan desain mudah digunakan untuk mengkategorikan sepeda motor. Karena sepeda motor monoshock telah norma sejak tahun 1980-an, istilah "twinshock" sekarang digunakan untuk mengkategorikan sepeda motor antik. Pembedaan ini penting dalam hal itu menyediakan kelas yang digunakan untuk kompetisi motor antik. Sebagai contoh, vintage motorcross ras yang diselenggarakan untuk sepeda motor motorcross tua. Untuk mencegah berperforma lebih baik dari sepeda motor monoshock mendominasi kompetisi, ada persaingan kelas terpisah untuk monoshock dan sepeda motor twinshock, yang mencegah mereka dari bersaing secara langsung terhadap satu sama lain.

Mono-shock

Pada sepeda motor dengan suspensi belakang mono-shock, hanya ada satu kejutan yang menghubungkan swingarm belakang untuk frame sepeda motor. Biasanya ini shock absorber satunya adalah di depan roda belakang, dan menggunakan hubungan untuk menghubungkan ke swingarm tersebut.
Mono-guncangan menghilangkan torsi ke swingarm dan memberikan lebih konsisten penanganan dan pengereman. Mereka juga lebih mudah untuk menyesuaikan, karena hanya ada satu shock absorber untuk menyesuaikan, dan tidak ada khawatir tentang pencocokan dua guncangan. Juga, hubungan yang digunakan untuk menghubungkan shock ke swing-arm sering dirancang untuk memberikan tingkat kenaikan redaman untuk belakang. [7]
Honda mengacu pada mono-shock nya desain sebagai Pro-link suspensi, Kawasaki sebagai Uni-Track, Suzuki Full-floater dan Yamaha sebagai Monocross.
sumber: wikipedia 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar